Sharing Internet di Ubuntu 8.10 Interpid..

Assalamualaikum..


first posting yeuh..

Kmaren2 sempet ngoprek  ubuntu 8.10 cuman buat sharing Internet untuk 2 laptop and 1 kompi di kantor. Kalo sharing pake Windows itu udah biasa, nah… baru kali ini mau nyoba sharing dari ubuntu 8.10. Setelah baca-baca tutor2 yang ada di internet, masuk ke forum linux – ubuntu, ternyata gagal keneh wae.

Udah mau dzuhur masih belom berhasil juga, ya udah deh… shalat dulu. Setelah selesai shalat, dilanjut lagi. Oh ya.., internet yang saya gunakan adalah Indosat3G Broadband (bukan promosi…). Saya mau coba di Laptop yang emang pake OS ubuntu 8.10. Nah kebeneran di kantor ada modem dsl router wireless yg settingannya saya rubah sebagai Bridge lengkap ama kabel UTPnya, karena emang udah gak dipake untuk akses ADSL. Setelah utak-atik (emang harus sabar dan semangat) dan ternyata membuahkan hasil (alhamdulillah). Supaya gak lupa, saya post aja neh cara-caranya.

Masuk dulu ke terminal.

1. Ketik $sudo -s
2. Masukkin passwordnya
3. ketik # gedit /etc/network/interface
4. Nah disini, kita tambahin settingan IP Address sbb:

auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.0.1
netmask 255.255.255.0
network 192.168.0.0
broadcast 192.168.0.255.

5. Simpan settingan tersebut
6. Ketik

# /etc/init.d/networking restart
7. Cek IP Address pake perintah #ifconfig, nanti akan keluar IP yg barusan kita setting pada eth0 dan IP internet pada PPP0
8. Ketik # gedit /etc/sysctl.conf (perintah ini buat forward PPP0 ke eth0), terus hapus tanda # yang ada didepan tulisan net.ipv4.ip_forward=1
9. Kalo udah simpan
10. Ketik # sysctl -p (untuk mengaktifkannya)
11. Ketik # cat /proc/sys/net/ipv4/ip_forward (untuk ngecek apakah ip forwarding udah aktif). Kalo hasilnya 1, berati sudah aktif.
12. ketik # gedit /etc/rc.local (untuk melakukan masquerading), terus tambahin settingan kayak gini di atas exit0 :

sudo iptables -t nat -A POSTROUTING -s 192.168.0.0/24 -o ppp0 -j MASQUERADE

13. Simpan settingan tersebut.
14. Ketik # /etc/rc.local start (untuk jalanin masquerading)
15. Ketik # iptables -L -t nat (untuk ngecek masquerade), terus akan muncul tulisan kayak gini :

Chain PREROUTING (policy ACCEPT)
target prot opt source destination
/e    /
Chain POSTROUTING (policy ACCEPT)
target prot opt source destination
MASQUERADE all — 192.168.0.0/24 anywhere
MASQUERADE all — anywhere anywhere

Chain OUTPUT (policy ACCEPT)
target prot opt source destination

16. Nah sampai disitu, selesai untuk setting sharing internetnya. Selanjutnya tinggal setting di masing-masing Client. dengan IP Address : 192.168.0.2 – 192.168.0.254. Netmask : 255.255.255.0, Gateway : 192.168.0.1 dan DNS diisi dengan DNS dari ISP.Nah begitu akhir post-annya. Sekarang saya bisa internetan dengan 2 laptop dan 1 PC. yang PC pake Windows XP dan yg laptop pake Ubuntu. Oh ya…, masangin jaringannya belum dijelasin ya?, nah begini caranya :

Siapin hub atau router. (Kebeneran saya pake modem router wireless yg udah disetting jadi Bridge).
Hubungkan kabel utp dari Laptop ke Hub
Terus hubungkan kabel dari hub ke komputer client.

Gampang kan?

silahkan mencoba..

=obir militan=

1 Comment

  1. maksudna kumaha eta teh??
    ubuntu na jadi router??


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s